Tokoh Penting Kemanan Computer Fernando Corbato Telah Wafat
Berita

Tokoh Penting Kemanan Computer Fernando Corbato Telah Wafat

Fernando Corbato ialah tokoh penting di dunia keamanan computer, sebab dia ialah orang yang temukan password. Jumat (12/7/2019) dia wafat pada umur ke-93 di Massachusetts, Amerika Serikat.

Menurut Emily, istri Corbato, Pengeluaran Sgp suaminya hembuskan nafas terakhir kalinya sebab komplikasi diabetes dalam suatu panti jompo di ruang Newburyport, Massachusetts, demikian diambil dari New York Times, Minggu (14/7/2019).

Corbato ialah seseorang periset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang membuat ide account yang dilindungi oleh password. Ide itu dia dapatkan waktu membuat Compatible Time-Sharing Sistem, satu skema yang membuat beberapa orang dapat memakai computer dalam tempo yang sama juga dengan memakai jaringan telephone.

Baca juga : AS Memposting Tentang Pembuatan Komputer Senilai Rp 7,1 Triliun

Skema ini dibikin sebab menurut dia waktu itu satu computer yang tidak dipakai ialah satu pemborosan. Oleh karena itu, dengan skema yang dibuatnya, satu computer dapat dipakai dengan optimal.

Penemuannya itu selanjutnya membuat keamanan digital di waktu mendatang. Password bukan hanya satu penemuan Corbato. Dia juga temukan tehnologi yang kurangi waktu nantikan tanggapan dari hitungan jam ke detik, serta membuat tehnologi itu jadi tambah lebih praktis.

Lalu ada pula skema time-sharing Multics kelakuannya sebagai basic dari skema operasi seperti Linux yang memiliki kontrol privacy lebih baik. Begitupun dengan skema file hierarki serta beberapa feature lain yang memudahkan pemakaian computer sekarang.

Ada pula Corbato’s Law yang menyebutkan programer akan menulis jumlahnya kode yang sama walau mereka memakai bahasa yang berlainan. Corbato sempat juga mendapatkan A.M Turing Award pada 1990, satu penghargaan di bagian computer yang disebutkan sama dengan hadiah Nobel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *